REUNI AKBAR ALUMNI 1989 SMPN 1 SAPE TAHUN 2019 JUMPA KANGEN GENERASI BIRU 1989MERAJUT UKHUWAH, MENYAMBUNG SILATURRAHIM ZELLOVER INDONESIA BEROJENG, BERGEMBIRA & BERAMAL BERSATU DALAM CANDA & TAWA DI UDARA dan DI DARAT

Senin, 25 Maret 2019

STUDY CAMPUS "Mengenal Kampus dan Membangun Kepercayaan Diri Peserta Didik"

Senin, 25 Maret 2019
ENI FADLIAH, S.Pd.,M.Pd.
WKS. Bid. Kurikulum SMAN I Tambun Utara
Siswa-siswi sekolah menengah generasi harapan bangsa yang akan meneruskan perjuangan dan kepemimpinan bangsa. Di tangan merekalah nasib bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia ditentukan. Generasi yang cerdas serta berwawasan luas, sehat, bermoral, beriman dan bertaqwa sangat diperlukan dalam pembangunan sumberdaya manusia. 

Aset bangsa yang sangat berharga tidak hanya siswa-siswi sekolah menengah di perkotaan yang sangat sarat dengan fasilitas penunjang pendidikan, tetapi juga siswa-siswi sekolah menengah di daerah pedesaan sangat memerlukan sentuhan dan kepedulian pemerhati pendidikan untuk memberi motivasi serta semangat agar mereka lebih terpacu dalam belajarnya memberi motivasi untuk terus berjuang menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi yang pada akhirnya lebih siap terjun ditengah masyarakat. Perluasan wawasan dunia pendidikan bagi siswa-siswi Sekolah Menengah bahkan seharusnya dimulai dari sekolah dasar dirasa sangat perlu mengingat mereka begitu potensial namun masih sangat asing dengan dunia perguruan tinggi dan dunia kampus. 
Dengan diadakannya wisata kampus atau yang sering dikenal sebagai studi kampus bagi siswa-siswi Sekolah menengah diharapkan akan mampu membuka wawasan baru dan menumbuhkan kecintaan mereka akan dunia pendidikan sehingga mereka akan lebih termotivasi untuk melanjutkan pendidikannya dan memiliki gambaran yang lebih jelas, menentukan pilihan universitas/perguruan tinggi yang sesuai dengan bakat dan minatnya dan lebih terarah dalam menentukan cita-cita dan profesinya. Anak-anak pada usia sekolah menengah memiliki  semangat jiwa muda yang antusiasme belajar dan rasa keingintahuan yang besar. Masa-masa ini adalah periode emas dalam pembentukan karakter dan penanaman motivasi yang siap menjadi penerus generasi Indonesia yang siap berkiprah disegala bidang. Oleh karena itu sangatlah perlu untuk memperkenalkan lingkungan belajar dan kehidupan kampus pada anak-anak sekolah menengah sehingga akan menimbulkan minat siswa/siswi untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Di lain hal memang terkendala dengan Anggaran Penyelenggaraan Kegiatan yang cukup lumayan, tetapi dengan kesadaran akan kesiapan masa depan siswa dan siswi peserta didik pihak sekolah bisa mencari solusi pembiayaan yang tentunya bisa terjangkau oleh sebahagian besar peserta didiknya.
Selfi Bareng di Aula Kampus
SMAN 1 Tambun Utara Kabupaten Bekasi melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan Pengembangan Diri Peserta Didiknya. Kegiatan studi kampus merupakan salah satu program Pengembangan kepercayaan diri peserta didik yang kami rancang dan disampaikan secara langsung kepada orang tua/wali siswa dalam rapat Awal Tahun Pelajaran saat peserta didik baru dinyatakan diterima di SMAN 1 Tambun Utara, program atau kegiatan tersebut disampaikan maksud dan tujuannya dalam forum rapat orang tua murid agar orang tua/wali murid juga mengetahui dan memahami apa dan bagaimana hasil yang ingin dicapai setelah kegiatan studi kampus dilaksanakan. Terkait anggaran pelaksanaan kegiatan tersebut kami mencoba hitung sememinimal dan seefektif mungkin dan lebih jauh kami berusaha bisa membantu siswa/siswi yang yatim piatu dan kategori kurang mampu untuk dapat ikut serta mesti tidak punya anggaran atau disesuaikan dengan anggaran yang sanggup dia bayarkan, karena kegiatan Studi Kampus belum bisa dibiyai oleh Keuangan yang tersedia saat ini di BOS - Pusat ataupun Bantuan Pemerintah Daerah, Kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Eny Fadliah, S.Pd.,M.Pd.

Jumlah total Peserta Didik Kelas XI IPA dan IPS, 278 (dua ratus tujuhpuluh delapan) Siswa yang ikut kegiatan Studi Kampus tercatat 20% kategori tidak mampu secara ekonomi tetapi punya motivasi dan cita-cita melanjutkan studi ke perguruan tinggi serta ingin mengenal lingkungan kampus dengan subsidi silang dari siswa/siswi yang mampu secara ekonomi, tercatat 23 (dua puluh tiga) siswa dibantu dengan berbagai metode yang kami rancang agar keinginan mereka bisa ikut dapat terlaksana, Tambah Eni Fadliah, menjelaskan. 
Alhamdulillah dengan semua kendala dan keterbatasan yang ada kami berjuang maksimal untuk mendapatkan hasil yang ingin kami capai dari kegiatan studi kampus, tutup Eni Fadliah


red zuraidbima (zello indonesia)

Tidak ada komentar: