REUNI AKBAR ALUMNI 1989 SMPN 1 SAPE TAHUN 2019 JUMPA KANGEN GENERASI BIRU 1989MERAJUT UKHUWAH, MENYAMBUNG SILATURRAHIM ZELLOVER INDONESIA BEROJENG, BERGEMBIRA & BERAMAL BERSATU DALAM CANDA & TAWA DI UDARA dan DI DARAT

Sabtu, 30 April 2011

PENGELOLAAN KEUANGAN SMAN 1 TAMBUN UTARA


KEUANGAN BERBASIS KINERJA
Di SMAN 1 TAMBUN UTARA 
 SMAN 1 Tambun Utara Kabupaten Bekasi adalah SMA pertama dan baru pertama di Kabupaten Bekasi yang menerapkan sistem pengelolaan keuangan berbasis kinerja, baik yang bersumber dari APBD (DPA-SKPD) maupun sumber lain APBS (RKAS-Komite) serta bantuan operasional propinsi dan pusat.
Disela-sela kegiatan Ujian Nasional Kelas XII yang berlangsung dari tanggal 18 s.d. 21 April 2011 TAMARAONE NEWS mencoba menggali informasi tentang langkah apa yang dilakukan Kepala SMAN 1 Tambun Utara H. Matroji, S.Pd. M.Pd. dalam merubah paradigma dan sistem pengelolaan keuangan yang sudah mengakar hampir 15 tahun sejak SMAN 1 Tambun Utara berdiri.




Kepala SMAN 1 Tambun Utara
H. Matroji, S.Pd.M.Pd. saat menerima Kunjungan
Setda H. Dadang dan Kepala Dinas Pendidikan DR. RUSDI, M.Biomed
 pantauan pelaksanaan UN 2010/2011
              Beliau menceritakan dari awal pertama kali masuk/ditempatkan di SMAN 1 Tambun Utara sebagai Kepala Sekolah dalam pandangan beliau akan susah majunya ini sekolah kalau sistem pengelola keuangan tidak dirubah dan beliau melakukan langkah awal dengan menyampaikan program beliau pada setiap rapat atau pertemuan baik dengan Dewan Guru maupun Pengurus Komite Sekolah, kemudian 3 (tiga) bulan pertama beliau membuat peraturan yang melarang Guru ataupun Wakil Kepala Sekolah menjadi Bendahara Pengelola Keuangan Sekolah dan Menunjuk 1 (satu) orang Pelaksana Tata Usaha sebagai Bendahara Pengeluaran dan dimulailah sistem Pengelolaan Keuangan Berbasis Kinerja diterapkan.

              Setelah kabinet terbentuk beliau (H. Matroji, S.Pd. M.Pd) menugaskan kepada masing-masing Wakil Kepala Sekolah untuk menyusun rencana kerja/program kerja selama 1 (satu) Tahun yang kemudian Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah & Komite Sekolah (RKAS-Komite) tersebut diajukan pada Rapat Awal Tahun Pelajaran 2009/2010 Komite Sekolah & Orang Tua Wali Murid Kelas X baru untuk disetujui melalui Perwakilan Pengurus Komite Sekolah disahkan.
Ada yang menarik dari sistem pengelolaan keuangan yang diterapkan oleh Kepala SMAN 1 Tambun Utara tersebut yaitu tidak ada lagi pembayaran honor jam mengajar bagi Guru ataupun Pegawai Tetap (PNS) dari Anggaran Komite Sekolah. Karena memang menurut peraturan Pemerintah bahwa Guru ataupun Pegawai yang berstatus PNS sudah mendapat Gaji dari Pemerintah Pusat maupun Daerah yang ada adalah honor kegiatan, jadi Guru PNS dan Staf lain yang tidak melaksanakan kegiatan, tidak akan mendapat penghasilan tambahan.
              Hasil dari penerapan sistem Pengelolaan Keuangan Berbasis Kinerja tersebut memang sangat luar biasa bagi SMAN 1 Tambun Utara 6 bulan pertama Bp. H. Matroji, S.Pd. M.Pd. menjabat Fasilitas Gedung terus di Tambah termasuk WC Guru dan Siswa yang tadinya cuman ada 3 dengan kondisi rusak menjadi 20, kemudian beliau juga mengadakan Kendaraan Operasional "Mobil APV dan Sepeda Motor". Dan selama setahun pertama beliau menjabat perubahan yang sangat cepat terjadi di SMAN 1 Tambun Utara sangat terlihat. Tahun kedua beliau mencoba mengajukan Proposal Pembangunan RKB di lahan yang masih kosong dan berupa empang bekas galian urugan Pembangunan Gedung pertama sekolah ini dibangun dari hasil proposal yang beliau ajukan mendapat bantuan 3 lokal RKB dengan kontruksi bangunan tingkat berdiri kokoh disebelah selatan samping Masjid yang juga baru direhabilitasi bagian atap dengan tras dan baja ringan. Dan begitu pun jalan masuk sekolah di cor beton dengan Pintu Gerbang yang kokoh dan megah ditambah ruang piket yang didesain minimalis dengan taman kecil menambah indah dipandang mata.
              Dan tahun kedua saat ini beliau lagi mengusahakan Rehabilitasi Total bangunan ruang kelas 4 lokal menjadi 8 lokal tingkat dua dan berbagai usaha beliau lakukan untuk bisa mewujudkannya dan kata beliau Insya Allah tahun 2011 bisa kami lakukan rencana tersebut....semoga>>>>
Red.TamaraOne (ZuraidBima)>>>

Tidak ada komentar: