REUNI AKBAR ALUMNI 1989 SMPN 1 SAPE TAHUN 2019 JUMPA KANGEN GENERASI BIRU 1989MERAJUT UKHUWAH, MENYAMBUNG SILATURRAHIM ZELLOVER INDONESIA BEROJENG, BERGEMBIRA & BERAMAL BERSATU DALAM CANDA & TAWA DI UDARA dan DI DARAT

Selasa, 16 April 2019

PENINGKATAN MUTU TATA KELOLA PENDIDIKAN DENGAN K-MOB & E-RKAS (E-BUDGETING) DINAS PENDIDIKAN PROV. JAWA BARAT

Kepala Dinas Pendidikan (tengah) Tim dan Peserta BIMTEK
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dr. Ir. Dewi Sartika, M.Si. dalam Pembukaan BIMTEK E-RKAS (e-budgeting) mengingatkan dan mengimbau seluruh pejabat dan karyawan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat untuk terus meningkatkan disiplin kerja serta harus mampu menyesuaikan diri dengan sistem tata kelola kinerja yang ditetapkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Disdik Provinsi Jawa Barat adalah orang-orang yang berpendidikan tinggi dan berkulitas seharusnya bisa menjaga komitmen pengabdian dengan baik. Menjadi insitusi besar harus berdisiplin tinggi. Dengan dukungan perangkat-perangkatnya untuk meningkatkan kualitas dan mutu, semangat yang dibangun adalah memberikan pelayanan terbaik di dunia pendidikan. 
Peningkatkan tata kelola pendidikan manajemen untuk Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah Luar Biasa (SLB) negeri di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang saat ini diterapkan seperi K-Mob (Aplikasi Kinerja Guru dan Pegawai) merupakan salah satu komponen peningkatan mutu dan disiplin kinerja. Dibidang tata kelola anggaran dengan melaksanakan E-RKAS (E-Budgeting) yang dikembangkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). E-RKAS (E-Budgeting) ini dapat memberikan pengetahuan dalam perencanaan anggaran untuk staf sekolah, khususnya Bendahara sekolah. Selain itu, Bendahara dituntut bisa mempertanggungjawab kan dan melaporkan anggaran yang terkait dengan dana Bantuan Operasional Sekolah sesuai Juklak dan Juknis BOS PUSAT.

Peserta diberikan pengetahuan untuk memiliki sikap yang bisa mendukung program pemerintah. Seperti, pengelolaan dan pengelolaan E-Budgeting. dengan dilaksanakannya Bimtek E-RKAS (E-Budgeting) ini dapat membawa perubahan dalam pengelolaan anggaran di unit pendidikan. Setiap unit pendidikan juga dapat memperbaiki dan mengolah data penerima BOS Pusat. Kata Dewi Sartika dalam Sambutannya di Hotel Panorama Lembang, Jalan Raya Tangkuban Parahu, Kabupaten Bandung Barat,
E-Budgeting ini dapat terintegrasi satu untuk semua. Seperti, Kemendikbud, Kemendagri, dan Kementerian Keuangan, Dengan sistem E-RKAS (E-Budgeting), diharapkan dapat membantu manajemen pendidikan ke depan yang lebih akuntabel dan transparan," tutupnya. 

E-RKAS (E-Budgeting) diikuti 820 bendahara SMA, SMK dan SLB dilingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat terbagi dalam tujuh angkatan, dilaksanakan mulai tanggal 1 hingga 12 April 2019, di Hotel Panorama Lembang.

Tidak ada komentar: