REUNI AKBAR ALUMNI 1989 SMPN 1 SAPE TAHUN 2019 JUMPA KANGEN GENERASI BIRU 1989MERAJUT UKHUWAH, MENYAMBUNG SILATURRAHIM ZELLOVER INDONESIA BEROJENG, BERGEMBIRA & BERAMAL BERSATU DALAM CANDA & TAWA DI UDARA dan DI DARAT

Senin, 15 April 2019

SUKSES UNBK SMAN I TAMBUN UTARA ADALAH HASIL PERJUANGAN SELURUH WARGA TAMARA ONE

Drs. H. MAMAT SUDIRAHMAT, M.Pd. dan  KOMITE SEKOLAH
UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER DAN TANTANGAN KETERSEDIAAN SARANA PRASARANA PENDUKUNGNYA.
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dikenal juga oleh penggiat IT sebagai Computer Based Test (CBT) merupakan sistem pelaksanaan ujian nasional yang diterapkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia pertama kali Tahun 2014, dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Tes Berbasis Kertas (PBT) sebelum Tahun 2014 dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan Nasional RI.
Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi sejak dicanangkan sistim Ujian Nasional Berbasis Komputer telah mengawalinya dengan kebijakan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA). Bupati Bekasi merealisasikan BOSDA Kabupaten Bekasi Tahun 2014 sebesar Rp. 100.000,- (Seratus Ribu Rupiah) persiswa, dimana Anggaran tersebut salah satu peruntukkannya adalah Pengadaan Sarana Prasarana Penunjang UNBK berupa Komputer PC dan atau Laptop yang pengadaannya ditentukan oleh masing-masing SMA/SMK Negeri sesuai dengan Anggaran yang tersedia serta sesuai dengan jumlah unit kebutuhan secara bertahap, hingga Tahun Anggaran 2016. Tahun 2017 hingga saat ini Pengelolaan Pendidikan SMA dan SMK Negeri dialih kelola oleh Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat otomatis Penyelenggaraan UNBK juga dibawah kelola Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat.
Tantantangan berat yang dihadapi SMA dan SMK Negeri dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer adalah ketersediaan Sarana Prasarana Penunjang seperti Komputer (PC) dan atau LAPTOP, Jaringan Internet dan Listrik. Dengan berbagai cara Kepala Sekolah penyelenggara UNBK berusaha memenuhi segala keterbatasan saran prasarana yang diperlukan diantaranya melakukan Perbaikan komputer-komputer lama yang pengadaannya dibiayai oleh BOSDA tahun 2014 hingga 2016, pengadaan beberapa unit tambahan dari Anggaran BOS Pusat dan beberapa SMA yang menghadapi kendala sarana pelaksanaan UNBK ini meminjam LAPTOP siswa.
Kepala SMAN 1 Tambun Utara Drs. H. Mamat Sudirahmat, M.Pd. yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), menyampiakan rasa bangga dan syukurnya, Alhamdulillah SMAN 1 Tambun Utara dapat melaksanakan Kegiatan UNBK dengan sukses dan lancar dengan ketersediaan Komputer (PC) dan Tambahan Laptop dengan jumlah 120 (seratus dua puluh) unit 4 (empat) ruang UNBK dengan jumlah siswa peserta UNBK Kelas 12 (dua belas) 360 (tiga ratus enam puluh) siswa/siswi, menggunakan jaringan internet telekom speedy. Terima kasih kepada semua pihak yang terus semangat tidak kenal lelah, ENY FALIYAH, S.Pd.M.Pd. (WKS.Bid.Kurikulum) Panitia Pelaksana UNBK, Guru dan Pegawai, Komite Sekolah, POLRI dan TNI.
Hingga hari terakhir pelaksanaan UNBK semua berlangsung dengan tertib sesuai jadual yang sudah ditetapkan, hari terakhir kami mengumpulkan siswa dan siswi yang telah menyelesaikan Ujian Nasional Berbasis Komputer dihalaman sekolah untuk kami himbau agar siswa dan siswi kami tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan dirinya sendiri, evoria karena sudah menyelesaikan UNBK seperti corat-coret, konvoi ataupun nongkrong. Bekerja sama dengan Binmaspol dan Babinkamtibmas kami arahkan Siswa dan Siswa yang telah selesai melaksanakan UNBK untuk langsung pulang ke rumah dengan aman dan tertib, berterimakasih serta mencium tangan kedua orang tuanya sebagai rasa syukur. Dan SMAN 1 Tambun Utara alhamdulillah 16 (enam belas) Siswa dan Siswinya Lulus seleksi SNMPTN diberbagai Perguruan Tinggi Negeri, bahkan ada satu siswi kami diterima di Universitas Hasanuddin Makassar. Kata SAYIFUL BAHRI, S.Pd.I Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan penuh bangga.
Alhamdulillah kami pantau selama pelaksanaan UNBK hingga hari terakhir ini berlangung sangat kondusif, siswa dan siswi yang telah melaksanakan kegiatan UNBK kami pantau dari sekolah hingga pulang ke rumah masing-masing tanpa ada corat coret ataupun tindakan-tindakan yang menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan, kami bersyukur pihak sekolah bekerja sama dengan pihak kemanan Kepolisan dan TNI mewujudkan kondisi yang kondusif ini. Tambah IPDA RUSYANDI (Polsek Tambun)

red/zuraidbima/2019

Tidak ada komentar: