REUNI AKBAR ALUMNI 1989 SMPN 1 SAPE TAHUN 2019 JUMPA KANGEN GENERASI BIRU 1989MERAJUT UKHUWAH, MENYAMBUNG SILATURRAHIM ZELLOVER INDONESIA BEROJENG, BERGEMBIRA & BERAMAL BERSATU DALAM CANDA & TAWA DI UDARA dan DI DARAT

Kamis, 05 September 2013

Guru Tak Siap Implementasikan Kurikulum 2013, Di Haruskan Mundur

BEKASI EKSPRES, 5 SEPTEMBER 2013; SMAN 1 Tamara :
Tambun Utara – Penerapan kurikulum 2013, banyak guru dan pejabat sekolah yang tidak paham apa sesungguhnya perubahan dalam kurikulum 2013, kurikulum 2013 ini sebetulnya lebih tematik secara pengajaran. Murid didorong untuk lebih mengeksplorasi, aktif bertanya dan menganalisa. Berlainan dengan kurikulum sebelumnya dimana murid hanya dicekoki materi dan banyak menghafal,  dalam dunia pendidikan perubahan kurikulum hal sangat penting untuk penyesuaian menghadapi perubahan zaman, hal itu menjadikan SMAN 1 Tamara, melakukan inovasi  pengembangan  SDM guru dan pegawai, guna meningkatkan mutu dan memajukan SMAN 1 Tambun Utara menjadi sekolah Favorite di pinggiran Kabupaten Bekasi.
“SMAN 1 Tambun Utara harus siap melaksanakan Kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2014/2015 “ terang Zuraid Bima, Humas  SMAN 1 Tambun Utara, kepada Bekasi Ekspres News, Rabu (4/9)
RAPAT KOORDINASI KEPALA SEKOLAH, WKS, GURU & TATA USAHA (Agustus 2013)
Ada dua syarat dalam pelaksanaan kurikulum 2013,  kata zuraid, syarat pertama gurunya harus sudah dilatih mengajar kurikulum 2013. Kedua, tidak boleh membebani anak, 

pasalnya, kurikulum 2013 ini disiapkan unttuk  membangun secara personal peserta didik dalam sikap, pengetahuan dan ketrampilan
“Bahwa kurikulum ini diterapkan secara bertahap, belum semua kabupaten kota yang menerapkan kurikulum 2013 ini, SMAN 1 Tambun Utara harus siap melaksanakan Kurikulum 2013 nanti “ katanya.
Lanjutnya, Kurikulum 2013 mengamanatkan untuk penjurusan dilakukan pada awal tahun ajaran baru ketika siswa kelas X mulai masuk ke sekolah, Tahapan yang dilakukan adalah melakukan tes potensi akademik kepada para siswa, membagikan formulir peminatan, nilai rapot, dan NEM UN, sebagai dasar untuk menentukan siswa tersebut masuk IPA atau IPS. Penjurusan yang dilakukan di awal tahun pelajaran ini,  belum cukup untuk mengetahui secara mendasar bakat dan minat para siswa.
“Kesiapan ini yang harus diperhatikan guru SMAN 1 Tambun Utara “ ujarnya
Terpisah, Matroji, Kepala sekolah SMAN 1 Tambun Utara, menyampaikan beberapa hal penting dalam rangka persiapan Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMAN 1 Tambun Utara dan dalam meningkatkan mutu dan memajukan SMAN 1 Tambun Utara menjadi sekolah Favorite di pinggiran Kabupaten Bekasi, diantaranya : Pertama, Beliau ditunjuk sebagai Penulis Buku Pegangan Guru Kurikulum 2013 Bidang Studi Sejarah SMP & SMA, oleh Kementrian Pendidikan & Kebudayaan RI.  Kedua, SMAN 1 Tambun Utara harus siap melaksanakan Kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2014/2015 , Ketiga,  Mempersiapkan  Personil Guru dan Tata Usaha yang mampu mengaplikasikan Kurikulum 2013, Keempat, Menyiapkan sarana prasarana penunjang Kegiatan Belajar Mengajar, Serta yang kelima, Disiplin guru dan pegawai.

 "Bagi Personil Guru dan Pegawai yang tidak mampu mengikuti perubahan yang terjadi di SMAN 1 Tambun Utara mulai saat ini dipersilahkan mencari tempat mengajar atau bekerja di tempat lain dan atau diusulkan untuk dimutasikan" terangnya.(GUN)


Baca Selengkapnya Berita BEKASI EKSPRES
Edisi Kamis, 5 September 2013
Hanya Rp. 2.000,- / Edisi

Tidak ada komentar: