Zuraid Sape Bima
HUMOR >>>>>>>>>>
Kendaraan di Surga...(apa kendaraan Anda?)
Alkisah ada tiga pria meninggal dan semua masuk surga, mereka adalah Tom Gembus, David Koplak dan John Koplo. Surga mempunyai peraturan bahwa setiap orang, baik pernah jahat maupun yang selalu baik akan mendapat kendaraan yang pantas dengan perbuatannya. Begitu juga tidak membedakan pria ataupun wanita, semua mempunyai kedudukan yang sama.
Tom Gembus tiba dan malaikat bertanya, Berapa tahun kamu menikah Mbus??
Jawab Tom Gembus: 20 tahun..
Malaikat: Berapa kali kamu mengkhianati istrimu??
Jawab Tom Gembus: 5 kali..
Malaikat: Baiklah, jawab sang malaikat, "Kamu boleh masuk tapi hanya mendapat Kijang"
Tom Gembus pun berlalu dengan Kijangnya..
Berikutnya adalah David Koplak..Berapa tahun kamu menikah Plak??
Jawab David Koplak: 30 tahun
Malaikat: "Berapa kali kamu mengkhianati istrimu?"
Jawab David Koplak: 2 Kali..
Malaikat: "Lumayan...Kamu pantas mendapatkan BMW"
Tibalah kini John Koplo dan malaikat pun mengajukan pertanyaan yang sama yang dijawab John Koplo: "50 tahun"
Malaikat: "Berapa kali kamu mengkhianati istrimu?? Jawab John Koplo: "Tidak pernah"
Malaikat: "Luar biasa!!! Ini kunci untuk Ferrari"
Suatu hari tatkala Tom Gembus dan David Koplak tengah mengendarai mobilnya, mereka melihat John Koplo duduk di tepi jalan sambil menangis. Mereka menghampirinya dan bertanya:
"Ngapain kamu nangis? Ga puas sama Ferrari????"
Jawab John Koplo sambil mengusap air matanya...
"Tadi aku berpapasan dengan Ladies Cempluk, istriku...dia sedang naik sepeda...
hiks hiks...hikssss
lokasi : akhirat!!!!
Faruq Ada Tiada
FILSAFAT PENDIDIKAN
Filsafat pendidikan merupakan aplikasi filsafat dalam pendidikan (Kneller, 1971). Pendidikan membutuhkan filsafat karena masalah-masalah pendidikan tidak hanya menyangkut pelaksanaan pendidikan yang dibatasi pengalaman, tetapi masalah-masalah yang lebih luas, lebih dalam, serta lebih kompleks, yang tidak dibatasi pengalaman maupun fakta-fakta pen...didikan, dan tidak memungkinkan dapat dijangkau oleh sains pendidikan. Seorang pendidik, baik sebagai pribadi maupun sebagai pelaksana pendidikan, perlu mengetahui filsafat pendidikan. Seorang pendidik perlu memahami dan tidak boleh buta terhadap filsafat pendidikan, karena tujuan pendidikan senantiasa berhubungan langsung dengan tujuan hidup dan kehidupan individu maupun masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan. Tujuan pendidikan perlu dipahami dalam hubungannya dengan tujuan hidup. Pendidik sebagai pribadi mempunyai tujuan hidupnya dan pendidik sebagai warga masyarakat mempunyai tujuan hidup bersama. Filsafat pendidikan harus mampu memberikan pedoman kepada para pendidik (pendidik). Hal tersebut akan mewarnai sikap perilakunya dalam mengelola proses belajar mengajar (PBM). Selain itu pemahaman filsafat pendidikan akan menjauhkan mereka dari perbuatan meraba-raba, mencoba-coba tanpa rencana dalam menyelesaikan masalah-masalah pendidikan.
Permasalahan:
Bagaimana peranan filsafat pendidikan bagi pendidik? Apa yang menentukan filsafat pendidikan seorang pendidik?
Peranan filsafat pendidikan ditinjau dari tiga lapangan filsafat, yaitu:
1. Metafisika
Metafisika merupakan bagian filsafat yang mempelajari masalah hakekat:
hakekat dunia, hakekat manusia, termasuk di dalamnya hakekat anak. Metafisika secara praktis akan menjadi persoalan utama dalam pendidikan. Karena anak bergaul dengan dunia sekitarnya, maka ia memiliki dorongan yang kuat untuk memahami tentang segala sesuatu yang ada. Memahami filsafat ini diperlukan secara implisit untuk mengetahui tujuan pendidikan.
Seorang pendidik seharusnya tidak hanya tahu tentang hakekat dunia dimana ia tinggal, tetapi harus tahu hakekat manusia, khususnya hakekat anak.
Hakekat manusia:
Manusia adalah makhluk jasmani rohani
Manusia adalah makhluk individual sosial
Manusia adalah makhluk yang bebas
Manusia adalah makhluk menyejarah
2. Epistemologi
Kumpulan pertanyaan berikut yang berhubungan dengan para pendidik adalah epistemologi. Pengetahuan apa yang benar? Bagaimana mengetahui itu berlangsung? Bagaimana kita mengetahui bahwa kita mengetahui? Bagaimana kita memutuskan antara dua pandangan pengetahuan yang berlawanan? Apakah kebenaran itu konstan, ataukah kebenaran itu berubah dari situasi satu ke situasi lainnya? Dan akhirnya pengetahuan apakah yang paling berharga?
Bagaimana menjawab pertanyaan epistemologis tersebut, itu akan memiliki implikasi signifikan untuk pendekatan kurikulum dan pengajaran. Pertama pendidik harus menentukan apa yang benar mengenai muatan yang diajarkan, kemudian pendidik harus menentukan alat yang paling tepat untuk membawa muatan ini bagi warga belajar. Meskipun ada banyak cara mengetahui, setidaknya ada lima cara mengetahui sesuai dengan minat/kepentingan masing-masing pendidik, yaitu mengetahui berdasarkan otoritas, wahyu Tuhan, empirisme, nalar, dan intuisi.
Pendidik tidak hanya mengetahui bagaimana warga belajar memperoleh pengetahuan, melainkan juga bagaimana warga belajar mengikuti pembelajaran. Dengan demikian epistemologi memberikan sumbangan bagi teori pendidikan dalam menentukan kurikulum. Pengetahuan apa yang harus diberikan kepada anak dan bagaimana cara untuk memperoleh pengetahuan tersebut, begitu juga bagaimana cara menyampaikan pengetahuan tersebut.
3. Aksiologi
Cabang filsafat yang membahas nilai baik dan nilai buruk, indah dan tidak indah, erat kaitannya dengan pendidikan, karena dunia nilai akan selalu dipertimbangkan atau akan menjadi dasar pertimbangan dalam menentukan tujuan pendidikan. Langsung atau tidak langsung, nilai akan menentukan perbuatan pendidikan. Nilai merupakan hubungan sosial.
Pertanyaan-pertanyaan aksiologis yang harus dijawab pendidik adalah: Nilai-nilai apa yang dikenalkan pendidik kepada warga belajar untuk diadopsi? Nilai-nilai apa yang mengangkat manusia pada ekspresi kemanusiaan yang tertinggi? Nilai-nilai apa yang benar-benar dipegang orang yang benar-benar terdidik?
Pada intinya aksiologi menyoroti fakta bahwa pendidik memiliki suatu minat tidak hanya pada kuantitas pengetahuan yang diperoleh warga belajar melainkan juga dalam kualitas kehidupan yang dimungkinkan karena pengetahuan. Pengetahuan yang luas tidak dapat memberi keuntungan pada individu jika ia tidak mampu menggunakan pengetahuan untuk kebaikan.
Filsafat pendidikan terdiri dari apa yang diyakini seorang pendidik mengenai pendidikan, atau merupakan kumpulan prinsip yang membimbing tindakan profesional pendidik. Setiap pendidik baik mengetahui atau tidak memiliki suatu filsafat pendidikan, yaitu seperangkat keyakinan mengenai bagaimana manusia belajar dan tumbuh serta apa yang harus manusia pelajari agar dapat tinggal dalam kehidupan yang baik.
Filsafat pendidikan secara fital juga berhubungan dengan pengembangan semua aspek pengajaran. Dengan menempatkan filsafat pendidikan pada tataran praktis, para pendidik dapat menemukan berbagai pemecahan permasalahan pendidikan.
Terdapat hubungan yang kuat antara perilaku pendidik dengan keyakinannya:
1. Keyakinan mengenai pengajaran dan pembelajaran
Komponen penting filsafat pendidikan seorang pendidik adalah bagaimana memandang pengajaran dan pembelajaran, dengan kata lain, apa peran pokok pendidik? Sebagian pendidik memandang pengajaran sebagai sains, suatu aktifitas kompleks. Sebagian lain memandang sebagai suatu seni, pertemuan yang spontan, tidak berulang dan kreatif antara pendidik dan warga belajar. Yang lainnya lagi memandang sebagai aktifitas sains dan seni. Berkenaan dengan pembelajaran, sebagian pendidik menekankan pengalaman-pengalaman dan kognisi warga belajar, yang lainnya menekankan perilaku warga belajar.
2. Keyakinan mengenai warga belajar
Akan berpengaruh besar pada bagaimana pendidik mengajar? Seperti apa warga belajar yang pendidik yakini, itu didasari pada pengalaman kehidupan unik pendidik. Pandangan negatif terhadap warga belajar menampilkan hubungan pendidik-warga belajar pada ketakutan dan penggunaan kekerasan tidak didasarkan kepercayaan dan kemanfaatan. Pendidik yang memiliki pemikiran filsafat pendidikan mengetahui bahwa anak-anak berbeda dalam kecenderungan untuk belajar dan tumbuh.
3. Keyakinan mengenai pengetahuan
Berkaitan dengan bagaimana pendidik melaksanakan pengajaran. Dengan filsafat pendidikan, pendidik akan dapat memandang pengetahuan secara menyeluruh, tidak merupakan potongan-potongan kecil subyek atau fakta yang terpisah.
4. Keyakinan mengenai apa yang perlu diketahui
Pendidik menginginkan para warga belajarnya belajar sebagai hasil dari usaha mereka, sekalipun masing-masing pendidik berbeda dalam meyakini apa yang harus diajarkan.
Amir Riskan
bima tahun 80 an.............oh indah nya..........panorama alam nya.....
keramah tamahan penghuni nya........semanagat kolektif nya........bersih, suci....
Faruq Ada Tiada
HAKEKAT NIAT
Ibnu Taimiyah Rahimahullah berkata dalam kitab Majmu'atur Rasaaili Kubra I/243 : Tempatnya niat itu di hati tanpa (pengucapan) lisan berdasar kesepakatan para imam Muslimin dalam semua ibadah : bersuci (thaharah),shalat, zakat, puasa, haji membebaskan budak (tawanan) serta berjihad dan yang lainnya. Meskipun lisannya mengucapkan berbeda dengan apa ...yang ia niatkan dalam hati, maka teranggap dengan apa yang ia niatkan dalam hati bukan apa yang ia lafadzkan. Walaupun ia mengucapkan dengan lisannya bersama niat, dan niat itu belum sampai ke dalam hatinya, hal ini belum mencukupi menurut kesepakatan para imam Muslimin. Maka sesungguhnya niat itu adalah jenis tujuan dan kehendak yang tetap. Sehubungan dengan masalah niat, Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah menjelaskan di dalam kitab ‘Ighasatul Lahfan’ bahwa : “Niat artinya ialah menyengaja dan bermaksud sungguh-sungguh untuk melakukan sesuatu. Dan tempatnya ialah di dalam hati, dan tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan lisan. Dari itu tidak pernah diberitakan dari Rasululloh Shalallahu 'alaihi wa sallam , begitu juga para sahabat, mengenai lafadz niat ini.”
Sedangkan hakikat niat itu sendiri BUKANLAH UCAPAN ‘NAWAITU’ (saya berniat).Ia adalah dorongan hati seiring dengan futuh (pembukaan terhadapnya),tetapi kadang-kdang juga sulit. Barangsiapa hatinya dipenuhi dengan urusan dien,akan mendapatkan kemudahan dalam menghadirkan niat untuk berbuat baik.Sebab ketika hati telah condong kepada pangkal kebaikan, ia pun akan terdorong untuk cabang-cabang kebaikan.Barangsiapa hatinya dipenuhi dengan kecenderungan kepada gemerlap dunia, akan mendapatkan kesulitan besar untuk menghadirkannya.Bahkan dalam mengerjakan yang wajib sekalipun.Untuk menghadirkannya ia harus bersusah payah.
Dan Al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalani sendiri telah menjabarkan dgn panjang untuk penjelasan hadist "innamal 'amalu binniyyati" dalam kitabnya "Fathul Baari bi Syarh al-Bukhari" (kitab yg menjelaskan tentang sanad & syarh dari hadist-hadits yang diriwayatkan oleh imam Bukhari), diantaranya yg bisa diambil adalah : "Amal perbuatan adalah tergantung niatnya, dengan demikian kita dapat (dgn sendirinya) membedakan apakah niat sholat atau bukan, sholat fardhu atau sunnah, dhuhur atau ashar, di qashar atau tidak, dan seterusnya. Dan apakah masih perlu ditegaskan (kembali) jumlah rakaat sholat yang akan dikerjakan ? ...Tapi pendapat yg kuat menyatakan tidak perlu lagi menjelaskan jumlah bilangan rakaatnya, seperti seorang musafir yg berniat melakukan sholat qashar, ia tidak perlu (lagi) menegaskan bhw jumlah rakaatnya adalah dua, karena itu merupakan suatu hal yg pasti bahwa jumlah rakaat qashar adalah dua !"
Dan beliau juga menjelaskan makna niat dari perkataan Imam Baidhawi : "Niat adalah dorongan hati untuk melakukan sesuatu dgn tujuan, baik mendatangkan manfaat atau menolak mudharat, sedangkan syariat adalah sesuatu yg membawa kpd perbuatan yg diridhai Alloh dan mengamalkan segala perintah-Nya."
Ibnu Abbas
kenapa kamu menengadahkan tanganmu keatas seolah2 Tuhan jauh diatas sana dan kemudian ia luput memantaumu, tuhan tdk bersemayam didalam dadamu krn hati kita selalu berprasangka buruk kepada sesama dan selalu berkeluh kesah. palingkan wajahmu kearah mesjid haram ia rumah awal yg diciptakan Tuhan sebagai tempat sesembahan manusia.
Ibnu Abbas
saya teringat sejarah sachiro honda ketika ia ditanya oleh teman2 kuliahnya lantaran ia jarang masuk di ruang kuliah ia hanya masuk ke laboratorium. honda menjawab bahwa yg aku cari tdk ada dibangku kuliah tapi adanya hanya dilaboratorium dan setelah ia dapatkan apa yg ia cari, honda pun keluar tanpa menunggu secari kertas berupa ijazah
Faruq Ada Tiada
memilih
Jangan memilih pemimpin dari keluarga pemimpin masa lalu, sebab nanti mereka bisa nepotisme. jangan memilih pemimpin yang berharta, sebab nanti mereka akan menjadikan jabatnnya ajang bisnis belaka, akan tetapi pilih pemimpin yang mempunyai ilmu pengetahuan dan akhlak yang mulia.... apa yg anda tawarkan itu belum tentu menjadi apa yg kita harapkan..... masih dalam tanda tanya besar..... ketika kita memilih maka pilihlah dengan hati....
Ken Patetyc
apa anda setuju kalau pemerintah Kabupaten Bima dibawah kepemimpinan pemimpin yang skarang adalah pro rakyat??
Hakim Masamada
Jangan memilih pemimpin dari keluarga pemimpin masa lalu, sebab nanti mereka bisa nepotisme. jangan memilih pemimpin yang berharta, sebab nanti mereka akan menjadikan jabatnnya ajang bisnis belaka, akan tetapi pilih pemimpin yang mempunyai ilmu pengetahuan dan akhlak yang mulia
Rudyz Gema
Kualitas Pemimpin Ditentukan Oleh :
1. Kebijaksanaan
2. Kepercayaan Diri
3. Belas Kasihan
4. Keberanian
5. Keteguhan
Yg M'Jadi Renungan Dan Perspektif Kita Sekarang "Apakah Pemimpin Kita Sekarang Memiliki Kriteria2 Tersebut" ? Paling Tidak yg bisa kita harapkan adalah Kejeniusan Dlm Hal Memilih Bkn Krn Masyarakat Memilih Krn Sbg Balas Jasa.
Group Bima Institute >>>>
Senin, 18 April 2011
Cerber BI : Bukti Cinta Putera & Puteri Sang Bima VI
Minggu, 17 April 2011
Cerber BI : Bukti Cinta Putera & Puteri Sang Bima 5
Jhidan Malingi
katax tdak ada bisa lepas dari hukum, tapi toh kenyataanx tidak sama pa yang di utarakan oleh para penegak hukum,para pelanggar masih merajalela di negeri ini,baik di penegak hukum itu sndri maupun pada oknum2 trsebut,,,tapi nyatanya mereka bisa lolos walaupun udah terbukti kejahatanx......sungguh aneh hukum di negeri ini....penegak hikum tu sndri sndri yang melanggar hukum,sungguh ironi sekali,,,,,,dan kasus di negeri ini bisa di bilang hukum sebab akibat or lingkaran setan.......
Zuraid Sape Bima
Menanggapi pertanyaan @ARI CUEQ AJALAH, walaupun namanya cueq ajalah tapi punya pertanyaan yang cukup bagus beberapa hari yang lalu dan mengikuti isi percakapan kita dimedia ini, maka saya coba megusulkan kepada pengelola Group ini Bung Micky, kira-kira mungkin ini Visi dan Misi kita….. mudah-mudahan dari teman-teman lainnya bisa lebih bagus lagi…ayo tunjukan kreatifitasnya !
VISI :
Cerdas dan Kritis Berpikir, Kreatif Memanfaatkan Media Internet, Kompetitif dalam materi dan penyajian komunikasi, hiburan dan informasi.
MISI :
1. Bima Institute memperhatikan keseimbangan tanggungjawab sosial, ekonomi, politik dan meningkatkan kecerdasan kita dalam menyelasikan masalah.
2. Bima Institute menjadi pilihan Generasi Intelektual dan Masyarakat Bima baik yang berada diluar Bima ataupun berada di luar Bima Untuk saling bertegus sapa, menyampaikan ide, bertukar informasi untuk pembangunan Dou Labo Dana
Cinta Damai
MASYARAKAT ADAT dan KEBANGSAAN
TERNYATA tidaklah mudah menata ulang identitas suatu bangsa, terlebih ketika jejak historis bagaimana dan di mana hulu kebangsaan itu muncul makin kabur dan sayup. Rumitnya lagi, di tengah itu semua selalu muncul keinginan untuk menata ulang kesadaran ihwal sebuah bangsa dengan identitas yang berhulu dari apa yang sesungguhnya telah lama ada, ...setelah berbagai pilihan dilakukan dan ternyata tak pernah bisa menjawab kekinian. Alih-alih memberi jawaban pada identitas, berbagai pilihan itu justru membuat bangsa ini mengalienasi sejarah dirinya sendiri. Bangsa ini akhirnya hidup dalam identitas yang tak berakar sekaligus tak berpucuk.
Kembali menoleh pada masyarakat adat demi memaknai identitas kebangsaan mungkin tak ubahnya sebuah tamsil ihwal ziarah waktu yang jauh dan tak mudah. Cara pandang terhadap masyarakat adat senantiasa dibebani oleh cara pandang tentang masa lalu yang kolot dan lapuk, sistem nilai yang irasional, dan anggapan ketidakmampuan mereka mengikuti perubahan. Belum lagi kebijakan politik negara yang melabeli mereka sebagai suku terasing.
Oleh karena itulah, menoleh kembali pada masyarakat adat demi memaknai identitas kebangsaan sesungguhnya mengharuskan banyak orang mengenali identitas masyarakat adat itu sendiri seraya melepaskan godaan untuk mendefinisikan mereka menurut definisi tertentu yang selama ini diimani. Termasuk dalam mengimani waktu. Spirit dan filosofi waktu dalam sistem nilai masyarakat adat mestilah disendirikan dari bagaimana modernitas selama ini mengajarkannya. Dan inilah yang dimaknai oleh W.S. Rendra dengan ungkapannya, "Kemarin dan esok adalah hari ini". Waktu dalam ruang yang mengalir menjadi identitas kebersatuan.
Cinta Damai
SUKMAKU DI TANAH MAKASSAR
Sukmaku di tanah Makassar
Negeri Bayang-bayang
Negeri timur matahari terbit
Gunung-gunung perkasa
... Lembah-lembah menganga
Pohon-pohon purba
Kuburan-kuburan tua
Di dalam kelambu penuh dupa
Berhadap-hadapanlah dengan Dewata
Dengan Berlapis-lapis pakaian sutera
Musik dan tari saling berlaga
Sukmaku di tanah Makassar
Memburu anoadi rimba belantara
Menangkap kupu-kupu di tebing-tebing terjal
Mengejar derai-derai daunan basah
Memanjat pohon-pohon lontar
Dibawah naungannya bertempat gelanggang sabungan ayam
Dibelakang sekian gumam sinrili siap membunuh kekecewaan
Dengan badik dan tukul besi
Sukmaku di tanah Makassar
bersayap angin mammiri bersiul membelai kota dengan nilai-nilai
Menunggang kuda jantan dengan lari kencang
membawa impian ke garis kemenangan
Kerikil-kerikil merah bermukim gemerincing
Pasir putih membentang panjang berkilauan
Sukmaku ditanah Makassar
Bersampan pinisi dengan layar daun lontar
Dengan panji-panji sutera warna-warni
Mengejar debu ombak menjilat lekuk gelombang
Menyelam ke rahang-rahang menyunting kerang
Mentyelam ke dasar tasik memetik mutiara
Sukmaku ditanah Makassar
Ke mana pun aku pergi
Dimanapun aku melambai
Gadis-gadis pakaeran selalu menyanyi, menari di hatiku
Selamat tinggal puncak Lompobattang
Selamat tinggal hulu Jeneberang
Selamat tinggal Kampung Galesong
Selamat tinggal Pantai Barombong
Selamat tinggal Pulau Kodingareng
Selamat Tinggal Karaeng
Sukmaku di tanah Makassar
Mengeja I Buri mengejar juku eja
Mengejar debur ombak menjilat lekuk gelombang
Sukmaku di tanah Makassar
Melengking bersama pui-pui
Merancak bersama parappasa
Mengemuruh bersama pakkanjara
Sukmaku ditanah Makassar
Meski Malino tidak berpohon lagi
Meski Jeneponto tidak berkuda lagi
Meski Losari tidak berair lagi
Meski Somba Opu tidak berpuing lagi
Sukmaku ditanah Makassar
Sukmaku ditanah Makassar
Sungguh Karaeng
Meski kita berpisah beribu gelombang
Puisi By: Asia Ramli Prapanca
Ibnu Abbas
yang manakah yang lebih baik antara kita bangga jadi orang Bima atau Bima bangga krn adanya kita, ayo dipilih.........dipilih..........
Willy Santay
Jangan perna berfikir ntuk merubah peraturan yg ada di indonesia, tp coba kita berfikir sjenak adakh peraturan yg lebih bagus dr peraturan dan hukum2 indonesia(demokrasi) yg mau kita tegakkan di negara ini...............,timbul pertanyaan......
Faruq Ada Tiada
teman saya bilang bahwa hidup adalah pilihan....., sypun menarik nafas sejenak kemudian sy bertanya apakah yang harus dipilih....?
Faruq Ada Tiada
Kegagalan hukum modern dalam menyelesaikan persoalan di Indonesia
disebabkan karena hukum modern lebih memperhatikan perlindungan
kemerdekaan individu daripada sebagai pengantar keadilan. Maka tak heran
apabila pada hukum yang diutamakan struktur yang jelas, prosedural dan rigid.
Ayah Nadhir
Kurikulum Kewirausahaan di Kampus Perlukah? Agar muncul enterpreneur muda dari kalangan kampus, sekaligus mengubah orientasi sebagian orang untuk tidak hanya mengejar PNS...Usulan ini mulai dibincangkan di media, setelah ide itu dikemukaan Ketua KADIN Kota Bima, Syarifudin, SH.
FB : Group Bima Institute 2011
Sabtu, 16 April 2011
Cerber BI : Bukti Cinta Putera & Puteri Sang Bima 4
- Memory Januari Bagian IV : Sejuta Kenangan Segenggam Harapan
Syaros Runggu Rapaq
dbima kbnyakan pintar dmn2 demo......
bima g akan mju ancur iya,,,,,,,,,ku blank ma ank2 kmpus,,,,,,yng skolah tnggi d bima,,,,,,,ga usah demo2,,,,,,,,mju kota bima bersma........dan ku pesan,,,,,msyrkat bima hrus (1)..............
Fitri Mery
Kngen m kmpuang nanjauh dimato,,,"mbojo",,bune ai wali menikmati suasna mlm n menikmti roti bkar dilpngan merdeka,,
Zuraid Sape Bima
KERINDUAN
Rintik hujan pertegas jarak rinduku
Berlari dengan langkah-langkah kecil
...Ada decak ... ada ragu ...
Ada gontai dari langkah kecil yang tak tentu
Mengejar hembusan nafas harum nan lembutmu
Dan kala dendam rindu ini datang mendera
Bayangmu sesaat memaku segala gerakku
Mengalihkan mataku pada indah sudut matamu
Yang menampakkan butiran-butiran kasih sayang
Rinduku ...
Bersangkar dalam hati yang temaram
Di pagar waktu di jaga malam
Melagukan merdunya kepedihan
Bagian terindah dari kebahagiaan yang kita punya
Di sini ... di jarak waktu ini
Terobati oleh coretan kawan, sahabat dan handai tolan nun jauh diseberang
Lewat sebuat komunitas maya tapi nyata..................
Bima Institute....semoga kan tetap exis ...............
Yusri Albima
Tapbe si lokasi Coto Bima re cina ra angi ? Ada 1 club spk bola Bima d Jkrt yg ikut Div Utama Persitara Jakut. Mari qt dukung brsm agr ada pemain dr negeri Bima yg Go Nasional dn Internasional. Sy dn Kapolsek Cengkareng Jakbar Kompol Ruslan, MH., yg bina pr pemain.
Nurdin Ar
Alae mbuipo pili lokokue.. Mungkin krn kebanyakan makan coto Bima.. Bune haba mena dou Mbojoke....?? Watikone wara haba menana dohoe....
Faruq Ada Tiada
hasil survei di daerah rantauan,,, masyarakat bima begitu sulit untuk menyatukan fisi entah kenapa hal itu... apakah ini merupakan kesalahan sejara...?
Umar Ali
Tidak Ada Jurus Menghadap Ferry Z. ST.
Kelirumulogi
Tidak Ada Jurus Menghadap Ferry Z.ST.
Prof. DR. Farouk Muhamad, yang tidak kurang sebagai tokoh NTB yang sebelumnya Jenderal menjadi Kapolda, Gubernur sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian ( STIK ) dua periode, kepala Ortala Kemenhankam, sekretaris hukum dan ketahanan nasional bidang hukum Presiden dan kini anggota DPD RI/ MPR utusan NTB, sem...pat mengeluh karena pernah menelpon Bupati Bima Ferry Zulkannain ST untuk menjelaskan suatu hal penting. Rencana telepon tersebut untuk menjelaskan secara langsung pada pak Bupati berbagai bantuan yg mau dialokasikan kedaerah untuk masyarakat.
Walaupun berkali-kali di hubungi, Pak Bupati tidak juga mau mengangkatnya, dan terakhir pada beberapa hari berikutnya, diangkat oleh Isteri pak Bupati bernama Vera. Dalam penbicaraan singkat itu, kepada Ibu Vera dipesan, kalau Pak Farouk mau berbicara penting dengan Pak Bupati Ferry Zulkarnain ST. Sampai berbulan-bulan pesan telepon itupun tak juga kunjung dikabulkan..
Jika Pak Farouk saja mendapat perlakuan semacam itu, apalagi mereka yang bukan menyandang tokoh, seperti halnya LSM , Mahasiswa atau rakyat jelata yang menjadi korban angkara murka kerakusan dan ketidak-adilan sesama daerah. Mereka tentu hanya bisa bermimpi disiang hari bolong atau berkhayal berhasil menghadap untuk berjumpa kepala daerah yang telah mereka sengaja pilih demi bisa memimpin daerah, dengan tentunya harapan akan memperhatikan nasib masyarakat yang memilihnya.
Memilih jalan unjuk rasa langsung diluar halaman kantor Bupati-pun, masyarakat yang sedang menderita dan ingin curhat langsung kepada Bupati yang telah mereka pilih di masa pemilihan umum sama sekali tidak di gubris, apalagi dikabulkan permohonannya.
Saya juga belum lama ini mendapat keluhan dari banyak teman di daerah, mereka telah mengajukan permohonan untuk menghadap dan melaporkan secara langsung kepada Bupati sejumlah persoalan penting yang sedang menghimpit kehidupan masyarakat daerah. Tapi ternyata sampai sudah lebih sebulan permohonan itu sama sekali tidak ada kabar. Padahal Pak Farouk atau teman-teman tadi berencana melaporkan prestasi masing-masing yang dapat membantu masyarakat langsung kepada Bupati.
Tapi tampaknya hutan rimba belantara protokol kebupatian memang konsekuen dan konsisten melindungi Bupati dari ganguan rakyat jelata, termasuk tokoh sekaliber Prof. Farouk Muhamad anggota DPD RI untuk melaorkan hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan kepentingan struktur daerah. Apalah artinya pendapat seorang Pak farouk anggota DPD sekaligus MPR RI, keluhan derita masyarakat pertambangan,keluhan derita rakyat yang disengsarakan angkara murka kerakusan sesama daerah sendiri. Bagi protokol kebupatian, semua itu sama sekali tidak ada relevansi dengan kepentingan daerah, maka tidak perlu diperhatikan apalagi sampai menghadap pak Bupati.
Namun aneh bin ajaib, ternyata ada juga pihak-pihak tertentu yang dengan mudah dan sederhana bukan tokoh bahkan jiwa kepeduliannya pada masyarakat masih diragukan. Mereka adalah para pemain sinetron pelaku proyek daerah terpercaya sungguh dengan mudah dan cepat diterima bahkan diundang khusus ke Pandopo oleh Bupati. Bukan saja bertemu empat mata, malah secara khusus di undang makan malam bersama di pandopo. Bahkan segenap pejabat daerah ditugaskan untuk melayani pemain - pemain sinetron piaraan ini.
Tampaknya, Pak Farouk, LSM, Mahasiswa dan rakyat jelata yang sengsara ditindas angkara murka kerakusan sesama daerah perlu belajar cara mengajukan permohonan menghadap Bupati yang bisa dikabulkan secepat mungkin, dari pemain-pemain senetron proyek daerah.
Susunan Jurus sebenarnya cukup sederhana, yakni pertama sebelum mengajukan permohonan menghadap Bupati harus secara khusus merekayasa permainan bersama pemain-pemain sinetron tadi yang sudah dipercaya. Kedua, jangan menasehati atau caci-maki, kritik pedas, atau melawan. Pendek kata, untuk dapat diterima Ferry Zulkarnai ST, pemimpin tertinggi Kab Bima dengan mengatakan siap bermain cantik,atau langsung saja kirim SMS ke Pak Ferry menyatakan hasrat menghadapnya untuk menjadi hamba.(* ).
Yusri Albima
De tdo-oeeeeee ! Na wara si ari to toi yg potensian dn brtalenta dlm foot ball, kbri sy bl mrk satu saat nanti ke Jkrt.
Bheniest Shyla Balingo
kebanyakan penerus bima skrg kurang skali mencari solusi untuk membicarakan masalah bima kedepannya, bukankah kta sebagai penerus bima kedepan, harus melihat kedepan, apakah bima kedepannya akan terus begini, atau akan lebih parah sebelum ini, walaupun masalah di bima ndak separah-parah amat.
"pa kita tunggu dulu bima itu hancur" jangan sobat
Faruq Ada Tiada
tujuan perkawinan adalah untuk membentuk rumah tangga yang bahagia dan kekal. namun dalam kenyataannya perceraian sering terjadi bahkan setiap tahun perceraian semakin meningkat.... sebenarnya apa yang mempengaruhi terjadinya perceraian tersebut....???
Mbozo Sweet
Mengapa Manusia itu tDk prNah mrasa Puas dGn apa Yg tlah dRaih.. Qta masih terus mencari dan mnCari.. lalu apa yG sebenarx yg qta cari??,,, sesungguhnya oRg yG beuntung adalah oRg yg pandai bersyukur,, qt tidak Sdar bhwa mSh bnyak yG berada d bwah.. Mengapa qt harus memandang ke atas...??? dan ingin sampai pada puncak,, tidak pernah trpikir jika qt telah sampai puncak apakah qt sanggup tRjatuh pada ktinggian tnpa harus merasakan sakit...??? Bahan renungan...............
Mbozo Sweet
Qta tErkadang tak Sadar :
disaat qta MelupakanNYA,, DIA selalu menemanimu kemanapun kau melangkah,
Disaat Qta melakukan ksalahan, DIA selalu masih memaafkanmu
dikala kau Terhimpit DIA masih menolongmu
di Saat kau bersedih DIA masih memberikanmu sebuah senyuman yg lain..
Jika Pacarmu Marah kau mencoba merayunya
Jika kekasihmu menjemputmu kau tak peduli aral apa yg didpnmu..
Tapi tidakkah kau sadari Murka Allah lbh Dahsyat,,,
Ketika Maut menjemputmu mampukah kau tuk berkata "tidaaak"
Berjikir itu lebih indah dari sebuah lagu cinta yG sering kau nyanyikan........
Jumat, 15 April 2011
HASIL SURVEI BALON BUPATI BEKASI 2012-2017 "5 TERPOPULER"
DR Sa’addudin MM Unggul Dalam Survey Cabup Terpopuler
Global POS Edisi 56, 11-17 April 2011
Bekasi, Global Post Untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Bekasi tahun 2012 mendatang tampaknya DR H Sa’aduddin MM—yang saat ini masih menjabat Bupati Bekasi, masih lebih popular dibanding dengan tokoh-tokoh lain yang ingin mencalonkan diri mejadi Bupati Bekasi untuk periode 2012-2017. Kepoluleran dan keunggulan politisi Partai Keadilan Sejahtera itu diketahui dari hasil survey yang dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Prestasi Indonesia, selama tiga bulan ini (Januari, Pebruari, dan Maret 2011).
Dalam melakukan survey itu, LSM prestasi Indonesia menjaring 17 tokoh yang bakal menjadi calon Bupati Bekasi 2012. Dari tujuh nominasi teratas, salah satunya adalah DR H Sa’addudin MM, yang ternyata masih meraih angka tertinggi serta dikategorikan sangat popular di wilayah Kabupaten Bekasi. Dari 17 bakal calon bupati, berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh LSM Prestasi Indonesia, juga ada dua nama balon Bupati yang datang dari pemilih masyarakat atau calon independen, yaitu Ketua Gapenmasy, Mustakim Adam Tamara dan Ketua Forturer, Yanto Sunandar. Meskipun tidak meraih angka tertinggi, kedua balon independen itu tentunya akan memberikan warna demokrasi di Kabupaten Bekasi.
Berdasarkan hasil perolehan survey itu nama Bupati Bekasi H. Sa’addudin memperoleh popularitas sebanyak 2.737 suara atau sekitar 13,69 persen dan berada di urutan pertama. Adapun urutan kedua adalah H Omin Basuni yang memperoleh 2556 suara atau berkisar 12,78 persen. Sedangkan urutan ketiga adalah Mustakim Adam Tamara sebanyak 2.347 suara atau sekitar 11,74 persen.
Selanjutnya, urutan keempat diraih oleh Wakil Bupati H Darip Mulyana dengan perolehan 2135 suara atau sebesar 10,68 persen. Urutan kelima, Yanto Sunandar 1771 suara atau 8,86 persen. Urutan keenam diraih oleh Sekda Kabupaten Bekasi, H Dadang Mulyadi dengan memperoleh 1.552 suara atau 7,61 persen. Terakhir di urutan ketujuh, diraih oleh tokoh masyarakat yang juga anggota DPRD Kabupaten Bekasi H Rohim Mintareja yang memperoleh 1.387 suara atau 6,94 persen.
Ketua Umum LSM Prestasi Indonesia, Arifin SP.d ketika ditemui Global Post di ruang kerjanya, mengatakan bahwa selama tiga bulan ini pihaknya mengadakan survey calon bupati terpopuler untuk periode 2012-2017 dengan menggunakan sistem acak sebanyak terhadap 20 ribu warga Kabupaten Bekasi, yang memiliki hak pilih. Mereka tersebar di 182 desa dan 5 kelurahan dari 23 kecamatan, dengan samplieror 1 persen.
“Kami hanya melihat tingkat popularitas dari para bakal calon Bupati Bekasi dari setiap pemilih yang ditemui. Kami lakukan wawancara langsung dengan menyodorkan 17 nama bakal calon lengkap sama fotonya. Alhamdulillah respon dari masyarakat terhadap survey ini cukup antusias,” ungkapnya.
Untuk katagori pemilih, kata Arifin, pihaknya membagi pemilih misalnya berdasarkan profesi, pendidikan. “Pemilih pemula yang dipilih siswa kelas 3 saja, baik siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Sekolah Menengah Kejuruan(SMK), karena pada tahun 2012 nanti, rata-rata mereka sudah berumur 17 tahun dan masuk katagori pemilih pemula, maka kita ikutkan dalam survey,” tuturnya, ketua LSM yang juga aktivis Pemuda Muhammadiyah itu, dengan ramah. (Rhagil)
Bukti Cinta Putera & Puteri Sang Bima 3
- Memory Januari Bagian III : Sejuta Kenangan Segenggam Harapan
Rudyz Gema
Setiap hari dlm beberapa cara, anda adalah bagian dr sebuah tim (berorganisasi, berkelompok, kerja sama dan hdp dlm lingkungan sosial).
Pertanyaanx bknlah, "Maukah anda berpartisipasi dlm sesuatu yg melibatkan org lain ?" tp pertanyaanx adalah "akankah keterlibatan anda dgn org org lain menjadi berhasil ?"
ini sedikit pertanyaan buat kita semua dan betapa pentingx kerja sama yg baik dm Tujuan yg kita cita2kan.
Nafisah Putryhawa
LINGI ADE Q...
Pagi yang indah.....
Rasa rindu mnyibak pagi q...
Rindu ku pada dana mbojo
bukan hanya rindu pada celoteh dan tawa ria para kekasih ku...
Tapi...
Lebih dari itu...
Rindu ku pada bima...
Rindu ku pada semilir angin..
Rindu ku gemericik air dan kicauan burung...
Rindu ku pada padi yang menguning...
Rinduku pada kedamaian yg memberikan kelegaan jiwa....
Bima q...
10 tahun telah berlalu...
Apa kabar bima q....
Apa kabar sahabat bima instute???
Slmat pagi smuaaa...
Ayah Nadhir
Kredit Sepeda Motor untuk Semua Jenis Merk di Bima Per Bulannya mencapai 1.000 unit. Sedangkan Jumlah Pembayaran Kredit Motor Per Bulannya mencapai ratusan miliar per bulan bahkan setengah triliun. Banyak kan?
Ibnu Abbas
kapan ya kantor pemerintah Kabupaten berada diwilayahnya sendiri? jgn numpanglah di kampung orang. aneh jadinya....
yg semangat ya?
Yaser Juraid
Sampai sekarang Warga Kota dan Warga Kabupaten Bima, belum bisah di pisahkan pada wilayah kebijakan politik dan Mahasiswa juga masih menganut paradigma holistik melihat dua Daerah ini, Masih ada keterkaitan dan masih saling membutuhkan antara satu dgn yang lain dalm berbagaihal strategis
Zul Kar Nain
Dorongan Yang Sangat Luar Biasa...Maju Aina Maja Mai Takandadi Kabua ra kabandaku dana ro rasa...
Zul Kar Nain
Semuanya Benar...Mari Kita Buktikan dengan Kebenaran Teori dan Praktek...Mudah-Mudahan Saja Bisa Ompu, Wa'i, Sa'e, Ari, Ori, Dae, Pua, Muma Dll Ngejalanin Apa yang menjadi Pleaning cita-cita dalam membangun Daerah Ke-arah yang lebih Ideal.
Ibnu Abbas
Ilham Abdul Rasul Se
sektor penerimaan daerah kabupaten bima 70% bersumber dari pajak dan retribusi, 10 tahun terakhir dinas pendapatan daerah belum bisa membuat rencana strategis untuk perluasan sektor pendapatan daerah melainkan optimalisasi penarikan pajak dan retribusi, pendapatan dari sektor deviden masih sangat kecil, begitu pula dari sektor pertambangan dan pertanian termasuk kelautan.. Jika dilihat dari potensi daerah seharusnya bima mendapat konstribusi pendapatan yg terbesar dr sektor kelautan dan pertambambangan sebab potensi laut produktif sangat tinggi khususnya dr hasil tangkapan ikan dan budidaya rumput laut, begitu pula dr sektor pertambangan, pemda tidak boleh berharap hanya royalti namun harus menjadi bagian dr pengelolaan potensi pertambangan (owner).. hari ini semua pemda diseluruh indonesia masih enak karna ada suntikan dana perimbangan dari pemerintah pusat, secara sosiologis hal ini rawan dengan fenomena dan kecenderungan beberapa daerah untuk melepaskan diri dari negara kesatuan RI terlebih kecenderungan itu terjadi pada daerah yg relatif kaya, jika hal ini benar terjadi maka dampaknya subsidi silang akan hilang yg secara linear dana perimbangan juga otomatis hilang, kalau daerah2 miskin tidak dari sekarang mempersiapkan diri maka sama halnya daerah2 itu terancam bangkrut.. Bima salah satu daerah yg terancam bangkrut jika tidak segera berbenah.. Wallahualam
Nurdin Ar
Knapa yah setiap kali kita menemukan harta dibawah tanah kita katakan itu harta karun...?? Teman2 ada yang tau gk knapa bisa demikian...??
Awaluddin Full
Info buat teman2, adik2 yang berminat utk terlibat di International Youth Conference,..!! silahkan dicoba,.>>>
Dear Sirs and Madams,
As a resumption of the event of International Youth Conference that should have been held in Yogyakarta on November 7 to 12, 2010 and had stopped due to Merapi Mountain Eruption, we kindly inform that the Ministry of Youth and Sports Affairs of the Republic of Indonesia and Gadjah Mada University of Yogyakarta will organize the International Youth Conference on February 20 to 25, 2011 in Hotel Saphir, Yogyakarta.
We are honored to invite students and/or young people who have applied to us to participate before to be there. We humbly ask for the confirmation to participate and email to the committee by February 8, 2011 to facilitate our hospitality arrangements. Please send the complete application form to iycindo@gmail.com or visit our official website: iyc.kemenpora.co.id.
Thank you for your kind attention and cooperation.
Yours faithfully,
Indra Perkasa
Planning Bureau 9th floor
Ministry of Youth and Sports
Republic of Indonesia
Jalan Gerbang Pemuda no.3
Senayan, Jakarta
10270
ph and fax: (+62) 21 57900560 or (+62) 21 5738321
cell: (+62) 878 7871 3966
email: m.indra.perkasa@gmail.com
Awaluddin Full
Thanks buat Jamal "cinta damai" yg telah meng-add saya ke group ini,..
Semoga group ini bisa menjadi wadah bersama dan tempat "sharing informasi" buat kita semua "warga dana mbojo" untuk bima lebih baik,.- hehehe,,,,ka de'e lao dula mada ampo ngoa,,,,,
Langganan:
Postingan (Atom)