REUNI AKBAR ALUMNI 1989 SMPN 1 SAPE TAHUN 2019 JUMPA KANGEN GENERASI BIRU 1989MERAJUT UKHUWAH, MENYAMBUNG SILATURRAHIM ZELLOVER INDONESIA BEROJENG, BERGEMBIRA & BERAMAL BERSATU DALAM CANDA & TAWA DI UDARA dan DI DARAT

Jumat, 11 Mei 2018

Pertahankan NKRI dengan Perlawanan Rakyat Semesta

Jakarta, 11 Mei 2018
BRIGjend.Pol (Purn) Dr. Drs. PARASIAN SIMANUNGKALIT, SH.MH
Juli 2017 GEPENTA telah menulis buku "Pertahankan NKRI dengan Perlawanan Rakyat Semesta".

Diprediksikan bahwa Indonesia akan dapat ancaman tantangan hambatan dan gangguan yang datang dari Luar Negeri dan dari dalam Negeri.
Maka Pemerintah aparat dan seluruh Rakyat Indonesia harus meningkatkan  jiwa juang Bela NEGARA.

Dilakukan pembinaan wilayah oleh Kemendagri, Pembinaan Teritorial oleh Kemenhan & TNI serta Pembinaan Masyarakat oleh Polri dengan strategi POLMAS.
Ancaman dari luar negeri dan dalam negeri harus dilaksanakan dengan Perlawanan Rakyat Semesta, yang di bagi dalam 2 (dua) masa dimensi :
  • Masa Perang. Perlawanan Rakyat Semesta menghadapi Invasi Militer Asing. Dan menghadapi Pemberontakan dalam Negeri. TNI sbg Komponen Utama dibantu Polri dan didukung seluruh rakyat Indonesia..
  • Pada Masa Non Perang atau tertib sipil. Perlawanan Rakyat Semesta. Polri sebagai Komponen Utama dibantu TNI dan didukung oleh seluruh rakyat Indonesia. Untuk menghadapi dan melawan serta menanggulangi :
  1. Narkoba.
  2. Tawuran dan Anarkis.
  3. Radikalisme Terorisme.
  4. Makar dan merongrong Kewibawaan Pemerintah.
  5. Korupsi.
  6. Gangguan Kamtibmas Intensitas Tinggi.
  7. PUNGLI.
UNTUK itulah diperlukan pengayoman pembinaan dari Pemerintah TNI dan Polri agar tercipta dalam diri semua Bangsa Indonesia cinta tanah air dan mempunyai nilai Jiwa juang Bela NEGARA.
Persatuan dan kesatuan seluruh Bangsa Indonesia untuk tetap mempertahankan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
Maka sosialisasi "Pertahankan NKRI dengan Perlawanan Rakyat Semesta" terus kita sosialisasikan.
Maka untuk itu agar Kemendagri, Kemenhan, TNI dan Polri mendukung kegiatan ini yang akan dilaksanakan oleh Rakyat & GEPENTA.
NKRI KOKOH, AMAN DAN DAMAI, Kata Ketua Umum GEPENTA.

MAKLUMAT ZELLO INDONESIA

:::I N F O R M A S I:::
 KOPDARNAS  KE IV
Kepada rekan Zellover Indonesia dimanapun berada, bahwasannya prihal KOPDAR NASIONAL Ke. 4 ZELLO INDONESIA yang akan diselenggarakan di BANDUNG, 
Kami Zellover Indonesia Khususnya JABODETABEK dengan Rincian hasil musyawarah yang diadakan Tgl. 06-05-2018 di TAMAN MARGA SATWA RAGUNAN, Telah mendapatkan kesepakatan beberapa poin sebagai berikut :
  1. KOPDAR NASIONAL IV  ZELLO INDONESIA AKAN DILAKSANAKAN DI BANDUNG, menunggu hasil lokasi dari Panitia Wilayah KOPDARNAS wilayah BANDUNG.
  2. Kami Zellover Indonesia Jabodetabek menyatakan Bersedia membantu pelaksanaan KOPDARNAS dengan Biaya sebesar Rp. 125.000 / orang (zellover) disesuaikan dan atau estimasi biaya kopdarnas sebelumnya di Jogjakarta.
  3. Pembiayaan bantuan akan dirincikan oleh kepanitiaan kopdarnas, dengan transparan dan sudah ditentukan Nomer Rekening yang sudah disepakati bersama.

Ketiga poin diatas sudah menjadi suatu kesepakatan dan keputusan bersama yang akan ditembuskan kepada seluruh zellover dimanapun berada.


Dan apabila ada kekurangan atau perubahan dalam hasil keputusan bersama ini, kami akan segera informasikan kepada zellover melalui media sosial : facebook, zello, whatsapp dan telegram.


Terimakasih atas perhatiannya, dan kami harapkan yang sudah menjadi kesepakatan ini akan terlaksana demi terwujudnya KODARNAS Ke. 4 Yang Inshaa Allah diadakan di Kota BANDUNG.

No Rek Tim Kopdarnas
a/n.Marulloh
BCA. 7460026029

☆ZELLOVER☆

Rabu, 09 Mei 2018

MUSYAWARAH CABANG LPM CIKARANG BARAT

Cikarang, Mei 2018
Pelaksanaan Musyawarah Cabang LPM Kecamatan Cikarang Barat menghasilkan beberapa poin penting guna sebagai acuan program kerja LPM CIKARANG BARAT, Sebagaimana yang tertuang dalam berita acara dan sekaligus sebagai maklumat yang perlu diketahui oleh seluruh anggota LPM Cikarang Barat, sbb. :
BERITA ACARA MUSCAM
KECAMATAN CIKARANG BARAT


Asalamualaikum wr wb .

Salam pemberdayaan
Pemberitahuan kepada bapak/ibu/sdr/i

Bahwa pada hari : Minggu tanggal 06 bulan : Mei tahun : 2018, telah dilaksanakan (MUSYCAM) Musyawarah bersama  dalam pembentukan kepengurusan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kecamatan cikarang barat .
Yang dihadiri oleh ketua DPD LPM Kabupaten Bekasi Bpk Taufik Hidayat, DPC LPM Kecamatan Cibitung. Aparatur Instansi Pemerintahan setempat,  Polsek Cikarang Barat, Tokoh masyarakat Cikarang Barat, Mitra Koramil Cikarang Barat dan perwakilan 11 (sebelas) Desa di Kecamatan Cikarang Barat.

Yang mendapat mandat Dari DPD LPM Kabupaten Bekasi No 04/2018.
Panitia MUSYCAM :
  1. Bpk. Hari Surahman 
  2. Bpk. Manda setiawan
  3. Bpk. Yudi priono
Pemimpin rapat pleno musycam Wasekjen DPD LPM Kabupaten Bekasi Bpk Nasrullah

Rapat formatur musycam pemilihan ketua secara aklamasi.
Tim  formatur muscam
  1. Hari Surahman 
  2. Manda Setiawan 
  3. Yudi Priyono
  4. Dirman
  5. Zulsahroni 
Memutuskan secara aklamasi Ketua terpilih DPC LPM Cikarang Barat masa bakti tahun 2018-2023 : Hari Surahman 

Dan susunan KSB
Pengurus LPM Kecamatan Cikarang Barat yang di tunjuk ketua terpilih 
1. Ketua    Bpk Hari Surahman
    Wakil    1.  Bpk yudi priono
    Wakil    2.  Bpk Mahdi

2. Sekretaris Bpk Manda Setiawan
    Wakil    1.  Bpk Sudirman
    Wakil    2.  Bpk Ganda saputra

3. Bendahara Bpk Tacim
    Wakil    1.    Bpk Dayat
    Wakil    2.    Bpk  Zul Sahroni


Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan dan menjadikan motivasi buat kita semua agar menjadi pengurus yang amanah.
Wasalamu alaikum wr wb .

Dokumentasi Kegiatan :









Selasa, 08 Mei 2018

SOROTAN NATALIUS PIGAI TERHADAP KASUS TKA

KEPENTINGAN NASIONAL TERANCAM !.
KABINET JOKOWI MENGABAIKAN ASPEK BARIER DI FREE TRADE MECHANISM (MEKANISME LIBERALISASI) di GATS/WTO.
Oleh: Natalius Pigai - Foto : TRIBUNNEWS.COM

Saya telah lama diam dan tidak berkomentar mengenai Perpres Tenaga Kerja Asing (TKA). Makin lama makin miris, para kaum oposisi berpolemik politik, kaum penguasa berpanggung sandiwara. Seharusnya pemerintah tidak boleh defensif atas kritikan karena demi kebaikan umum (bonum commune), demi negara (et Patria).

Hari ini seantro negeri ini berpolemik serius tentang hadirnya Perpres nomor 20 tahun 2018 tentang Penempatan  Tenaga Kerja Asing (TKA). Kritikan paling menohok dari kelompok oposisi adalah kemudahan dan aksesibilitas bagi pekerja asing untuk mengisi berbagai lapangan kerja yang tersedia di Indonesia. Sementara argumentasi pemerintah terkesan amatir, defensif dan membela diri.

Inti persoalan utama tidak hanya soal petunjuk teknis penempatan TKA yang tertuang dalam Perpres 20 tahun 2018 dan juga petunjuk pelaksanaan melalui peraturan Menteri Tenaga Kerja yang akan dirumuskan, tetapi masalah yang paling substansial adalah menabrak bahkan melampaui, jauh lebih liberal dari prinsip kepentingan bangsa dan negara yang justru tiap negara diberi keleluasaan menentukan hambatan (barier) di dalam perjanjian multilateral melalui general agreement on trade and tariff and Services (GATS) yang dihasilkan dalam putaran Uruguay (Uruguay Round) oleh World Trade Organization (WTO) pada tahun 1994.

Pemerintah perlu pahami bahwa Liberalisasi perdagangan bebas bukan berarti sangat liberal dan dunia tanpa batas (borderles nations) seperti yang digambarkan oleh Kunichi Ohmae. Berdasarkan perjanjian GATS setiap negara diberi kewenangan untuk menentukan kepentingan nasional melalui Tes Kebutuhan Economi (Economic Need Test/ENT). 

Kementerian Tenaga Kerja dan Kementerian Perdagangan seharusnya melakukan perdagangan sektor jasa profesi tenaga kerja melalui mekanisme permintaan (request) dan penawaran (offer) dari China sebagai  mekanisme baku yang dihormati dalam perjanjian multilateral yaitu dirumuskan dalam penjanjian resiprokal dan saling pengakuan (Mutual Recognition Agreement/MRA).  Meskipun hampir seluruh mitra dagang Indonesia mempermasalahkan adanya ENT karena dianggap diskriminatif dan berpotensi ke arbitrasi. Sejak awal mitra dagang asing takut jika pemerintah menerapkan ENT tetapi menjadi persoalannya adalah Indonesia juga tidak pernah membuat regulasi yang kuat yang bersifat proteksionisme.

Kalau pemerintah mengikuti mekanisme perdagangan pasar kerja internsional maka sangat mustahil tenaga kerja rendahan dari China bisa masuk ke negara kita. Test kebutuhan ekonomi atau ENT tersebut Sebenarnya ada pembatasan atau barier untuk kepentingan bangsa dan negara Indonesia. Kedua kementerian baik Kementerian Perdagangan dan juga Kemenaker terkesan tidak nasionalis, tidak mengedepankan kepentingan bangsa Indonesia khususnya angkatan kerja sudah mencapai 130 juta dan penganggur yang tinggi 7,04 juta orang.

Memang, kita mesti mengakui bahwa Indonesia adalah negara pengirim (sending country), China khususnya Hongkong adalah negara penerima (receiving country), namun kebutuhan antara Indonesia dan Hongkong Republik China tentu berbedah, TKI Indonesia mengisi jenis pekerjaan yang tidak disukai oleh angkatan kerja Hongkong/China sebagai pekerja rumah tangga. Sementara Indonesia membuka kesempatan kerja bagi pekerja China justru di sektor formal, industri dan manufaktur yang tentu berpatokan yang membutuhkan kualifikasi standarisasi, sertifikasi profesi dan kompetensi.

Namun persoalannya, kita semua tidak mengetahui bagaimana menguji kompetensi TKA China jika Indonesia tidak menentukan hambatan (barier) khususnya melalui test kebutuhan ekonomi (Economic Need Test) tersebut di atas. pemerintah saat ini terkesan mengelola negara ini secara amatiran, kurang profesional. Padahal mekanisme Request & Offer, Economic Need Test maupun juga MRA dalam liberalisasi perdagangan dunia melalui GATS diperbolehkan adanya  alat filter agar menjaga kepentingan dan wibawa negara. 

Saya menduga perjanjian bilateral yang dibuat pemerintan Indonesia dengan Pemerintah China tidak berdasarkan Mutual Recognition Agreement (MRA) sehingga Indonesia selalu rugi terhadap China, bayangkan TKI di Hongkong hanya bekerja di sektor informal sebagai pekerja rumah tangga, artinya TKI Indonesia kualifikasinya diturunkan (Down-graded) sehingga perlindungan tidak bisa optimal. Berbagai laporan baik oleh kedutaan, asosiasi tenaga kerja juga tenaga kerja itu sendiri telah nyata mengganggu prinsip perdagangan pasar pekerja internasional yaitu: nondiskriminasi (most favourable nations)  dan perlakuan yang sama/ egual (national treatment). Sementara kita memberi peluang besar kepada TKA China untuk bekerja di berbagai posisi dan jabatan bahkan hampir semua Sekmen usaha. Oleh karena itu, pemerintah jangan marah ketika rakyat menuduh Pemerintah Jokowi benar-benar memanjakan China Komunis.

Penempatan Tenaga Kerja dalam sistem perdagangan dunia oleh WTO melalui GATS berdasarkan pasal 1:2 pada putaran Uruguay disebut sebagai perdagangan jasa profesi yang masuk dalam Modalitas pasokan (mode of supply) pada Mode 4 yaitu: menginginkan kedatangan tenaga kerja profesional jasa asing  (movement of natural persons) dengan mempertimbangkan kompetensi khusus. Dalam konteks Ini TKA masuk ke Indonesia tanpa melalui  ENT maka harapan GATS dimana tiap negara saling menguntungkan dan resiprokal melalui transfer sumber daya pengetahuan (resources transfer )tidak akan terjadi bagi bangsa kita. Hal ini kontras dengan paradigma liberalisasi mengalami pergeseran dari kompetitif menjadi resiprokal tersebut agar negara-negara maju termasuk China transfer pengetahuan, ketrampilan dan juga budaya kerja.

Pada saat ini, saya amati, China yang komunis sedang memainkan mekanisme liberalisasi untuk menekan dan menyandera Indonesia. Lihat saja dalam Mode 4 sistem perdagangan jasa berdasarkan GATS ada 4 kategori tekait penempatan tenaga kerja yang disebut temporary labour migration TKA China di Indonesia yaitu:
  1. Intera corporate transfer yaitu perusahaan China yang menanam modal di Indonesia membawa tenaga kerjanya. 
  2. Contractual service suppliers yaitu tenaga kerja berdasarkan order. 
  3. Business Visitors pengusaha asing yang sebagai  pekerja perusahaannya. 
  4. Individual Profesional, Tenaga Kerja yang memiliki kompetensi. 
Oleh karena itu maka wajar jika negara komunis China dengan investasi yang besar justru melakukan penetrasi dengan memainkan dan menekan negara-negara miskin termasuk Indonesia melalui mekanisme liberaliasi.
Catatan penting bagi Presiden adalah karena dalam investasi asing kita pasti lebih lunak pada investor China yang  menawarkan TKA sebagai paket negosiasi mereka, maka sudah seharusnya Presiden memerintahkan Kementerian Tenaga Kerja untuk memasukan Economic Need Test sebagai alat filter untuk dimasukan dalam Rencana Tenaga Kerja Nasional (RTKN) khususnya RTK Mikro terkait demand dan supply TKA. Semoga bermanfaat!

(Natalius Pigai, Staf Khusus Menakertrans 1999-2005, Mantan Peneliti Bidang Migrasi Tenaga Kerja, Kemenakertrans RI. Penulis Buku Migrasi Tenaga Kerja Internaaional, Pustaka Sinar Harapan Jakarta, 2005)

PENETAPAN JAM KERJA ASN, POLRI & TNI BULAN RAMADHAN 2018

Jakarta, Mei 2018
Kemenpan RB. Mengeluarkan Surat Edaran Resmi tentang penetapan jam kerja ASN, POLRI dan TNI selama bulan Ramadhan 2018, sebagai berikut :