REUNI AKBAR ALUMNI 1989 SMPN 1 SAPE TAHUN 2019 JUMPA KANGEN GENERASI BIRU 1989MERAJUT UKHUWAH, MENYAMBUNG SILATURRAHIM ZELLOVER INDONESIA BEROJENG, BERGEMBIRA & BERAMAL BERSATU DALAM CANDA & TAWA DI UDARA dan DI DARAT

Senin, 16 Oktober 2017

PERDAMAIAN SECARA ADAT BIMA FLORES JAKARTA

MOHON BANTU SEBARLUASKAN !

Assalamu alaikum dan Selamat siang utk kita semua. Semoga Tuhan melimpahkan rahmat dan kasih sayangNya untuk kita semua. 
Alhamdulillah berkat rahmat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa terkait dgn adanya Insiden atau Gesekan antara warga masyarakat Bima dan Flores yg terjadi pada hari Minggu dan Senin tanggal 8 dan 9 Okt 2017 di Tanah Merah Koja Jakarta Utara melalui komunikasi yang intensif dalam beberapa hari terakhir sejak kejadin tersebut juga berkat hubungan kekerabatan antara masyarakat Flores dan Bima sebagai satu kesatuan rumpun dan sejarah hubungan yang erat kedua suku sejak dari masa silam maka sudah dicapai Kesepakatan Damai/Penyelesaian Secara Adat yang ditelah ditanda tangani oleh perwakilan tokoh masyarakat kedua daerah pada hari Minggu, 15 Oktober 2017 yang bertempat di Rumah Makan Sari Indah  Kebayoran Jaksel dengan poin-poin kesepakatan sebagai berikut : 
  1. Bahwa kedua belah pihak sepakat peristiwa yang terjadi bukanlah merupakan pertikaian antara suku Bima dan Flores, bukan juga konflik antara pemeluk agama, akan tetapi murni peristiwa antara orang perorang.
  2. Bahwa kedua belah pihak sepakat peristiwa tersebut diserahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum, masing-masing pihak akan membantu proses penegakan hukum dalam batas kapitas masing-masing.
  3. Bahwa ada kemungkinan peristiwa ini diboncengi oleh pihak lain, oleh karena masing-masing pihak akan melakukan investigasi untuk kepentingan kedua belah pihak.
  4. Bahwa suku Bima dan suku Flores sesungguhnya memiliki akar hubungan baik yang sudah terjalin sangat lama, bahkan sebagian memiliki hubungan darah, oleh karena itu  mengatakan konflik sebagai konflik antara suku adalah tidak memiliki akar sejarah (ahistoris)
Disamping poin-poin kesepakatan tersebut di atas telah juga dirumuskan rencana tindak lanjut penyelesaian secara menyeluruh sebagai berikut :

  • Pada hari Selasa, 17 Oktober 2017 akan menggelar pertemuan kedua utk membacakan kesepakatan dihadapan media massa dengan menghadirkan tokoh masyarakat dari kedua daerah dengan maksud dan tujuan untuk disebarkan secara luas guna meredam/meredakan meluasnya gesekan ditingkat bawah masyarakat kedua daerah.
  • Membuat surat bersama yang ditujukan kepada Kapolda Metro Jaya untuk bertemu dengan tokoh masyarakat kedua daerah yang akan ditanda tangani oleh perwakilan tokoh masyarakat kedua daerah dengan mengusulkan waktu pertemuan dimaksud pada hari Kamis, 18 Oktober 2017 dan akan dilanjutkan dengan konfrensi pers bersama.
Demikian poin-poin kesepakatan kedua masyarakat Flores dan Bima yang berhasil dicapai dalam suasana keakraban dan kekerabatan untuk disebarkan dan diketahui secara luas oleh semua elemen masyarakat kedua daerah. 
Akhirnya tidak lupa kami khaturkan ucapan terima kasih pada semua pihak yang turut membantu tercapainya penyelesaian terkait kejadian dimaksud.

RM. Sari Indah Blok M
Wakil Masyarakat Bima
H. Ghazali Ama La Nora

Wakil Masyarakar Folres
Zakarias Kleden

Disaksikan oleh :
Ketua Pemuda Bima
Raul Kalila

Ketua Pemuda Flores
Yosef Mbira

Dewan Pengurus
Badan Musyawarah Masyarakat Bima (BMMB) Jabodetabek
Kol. (Purn). H. Muhidin HT
Ketua Umum

Nimran Abdurahman
Sekretaris Jenderal

Tidak ada komentar: