REUNI AKBAR ALUMNI 1989 SMPN 1 SAPE TAHUN 2019 JUMPA KANGEN GENERASI BIRU 1989MERAJUT UKHUWAH, MENYAMBUNG SILATURRAHIM ZELLOVER INDONESIA BEROJENG, BERGEMBIRA & BERAMAL BERSATU DALAM CANDA & TAWA DI UDARA dan DI DARAT

Sabtu, 19 Februari 2011

Penggunaan Facebook Untuk Media KBM Guru & Siswa

 
Facebook adalah salah satu jejaringan sosial yang banyak diminati dan di pakai orang di seluruh dunia, Data pada bulan Desember 2009 dan Januari 2010 menunjukkan Indonesia  pengguna facebook no 2 tebanyak di dunia setelah AS menurut detik com rabu 06-01 2010 diambi dari  laporan yang dikeluarkan oleh Global Monitor, layanan premium yang menyediakan data vital tentang perkembangan pengguna Facebook.
Penggunaan Facebook saat ini baru sebatas menyapa teman, berkenalan dengan teman, berkirim kabar dengan teman dan promosi bisnis. Alangkah baiknya Facebook di gunakan untuk media pembelajaran e-learning interaktif.
Disini saya ingin menghimbau kepada teman-teman guru dan siswa untuk lebih memberdayakan penggunaan Facebook dalam pembelajaran interaktif di luar kelas maupun dalam proses pembelajaran di kelas.
Idenya seperti ini, guru membuka akun khusus untuk pembelajaran, dan menyuruh seluruh siswa yang ada di kelasnya meng add akunnya. kemudian guru mempostingkan materi ajarnya ke dalam akun facebook pembelajrannya, bisa di lengkapi dengan tugas atau tes.bisa juga guru dan siswa membuat kesepakatan jam berapa online untuk pembelajaran. saat online bersamaan siswa bisa comen atau nanya bagian yang tidak di mengertinya. pertanyaan siswa ndak harus di jawab guru tapi bisa juga dengan teman yang udah lebih dulu mengetahiunya. dan jika siswa sakit atau karena suatu hal siswa tidak bisa datang ke sekolah siswa masih bisa mengikuti pelajaran dari rumahnya atau dimana pun dia berada, jika pembelajaran saat itu online dengan gurunya.
Inilah salah satu pembelajaran dengan metode e-learning yang mulai dapat kita terapkan seperti di negara maju. Guru  tidak harus membuat blog sendiri. apalagi bagi guru yang baru melek teknologi yang belum bisa membuat blok sendiri. Pemanfaatan jaringan sosial Facebook adalah langkah jitu untuk melaksanakan pembelajaran dengan metoda e-learning.
Ayo teman guru kita mulai ber e-learnig interaktif dalam proses pembelajaran baik dalam kelas maupun di luar kelas.
Dalam penggunaan e-learning ini ada keunggulan dan ada kelemahannya. tapi saat ini kita coba dulu dengan action, kendala dan kelemahannya kita atasi sambil jalan, keunggulannya kita perkuat dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk kemajuan anak negri ini, dengan harapan pembelajaran kita akan semakin bain baik dan kwalitas pendidikan kita semakin bagus. Mari action untuk dunia pendidikan. Sukses slalu untuk guru dan dunia pendidikan di negri ini.
————–
Ditulis oleh : Desmalinda, Guru SMAN 10 Padang

Tidak ada komentar: