REUNI AKBAR ALUMNI 1989 SMPN 1 SAPE TAHUN 2019 JUMPA KANGEN GENERASI BIRU 1989MERAJUT UKHUWAH, MENYAMBUNG SILATURRAHIM ZELLOVER INDONESIA BEROJENG, BERGEMBIRA & BERAMAL BERSATU DALAM CANDA & TAWA DI UDARA dan DI DARAT

Selasa, 19 Maret 2013

INSPIRASI PENDIDIKAN MASA KINI



Oleh :
ZURAID BIMA
Pemerhati Pendidikan Kabupaten Bekasi
(Tulisan ASLI sebelum diedit & dimuat oleh LIPUTAN6.COM SCTV, 16 Maret 2013; Redaksi Koran Sidak, Reaksi Bekasi dan Cikarang Ekspres, 18 Maret 2013)

Kabupaten Bekasi merupakan salah satu wilayah dalam propinsi Jawa Bawa Barat yang bertasan langsung dengan Ibu Kota Negara Republik Indonesia DKI Jakarta, seiring perkembangan dan kemajuan ilmu tekhnologi warga Kabupaten Bekasipun saat ini jauh dari kesan ketinggalan jaman, dengan dialeknya yang khas seperti halnya Suku Betawi di Jakarta penduduk asli Bekasi semakin hari semakin maju baik pergaulan maupun pola piker menghadapi tantangan jaman kedepan, salah satu factor utamanya adalah kemajuan Pendidikan yang tentunya sangat dipengaruhi oleh Kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi yang semakin benar-benar memperhatikan dunia pendidikan di Kabupaten Bekasi.

Dr. H. MATROJI, M.Pd.
Kepala SMAN 1 Tambun Utara Kab. Bekasi

Sebuah prestasi yang langka baru-baru ini terjadi di dalam penduduk asli Bekasi, sosok putera petani yang berdomisili di Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi yang dikenal dengan H. MATROJI, telah memberikan satu kesan perubahan pola piker masyarakat Kabupaten Bekasi yang selama ini menual harta atau tanahnya hanya untuk acara-acara pernikahan atau sunatan anaknya. Sosok yang satu ini justru mengumpulkan uang untuk melanjutkan studinya, sejak SMP di Babelan dan SMA di Kota Bekasi beliau sudah terbiasa mandiri dengan bekerja untuk mendapatkan uang dan membiayai sekolahnya sendiri dan kemudian mengawali kariernya sebagai Guru SD dan SMP di Jakarta Timur sampai beliau diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil dan kemudian berpindah karier menjadi salah satu Guru Sejarah Nasional dan Dunia di SMAN 1 Tarumajaya Kabupaten Bekasi.
Ucapan Selamat dari Guru dan Pegawai

SMAN 1 Tambun Utara

Sampai suatu kesempatan beliau mencoba ikut dalam Tes Cakep (Tes Calon Kepala Sekolah) yang akhirnya beliau lulus dan ditempatkan di SMAN 1 Kedung Waringin. H. MATROJI juga aktif sebagai Penulis Buku Pelajaran Sejarah untuk SMP dan SMA dan bukunya termasuk yang dipakai ditingkat Nasional dengan dukungan Penerbit BUMI AKSARA beliau semakin memantapkan kariernya sebagai penulis dan dengan hasil penjualan Buku yang ditulisnya belaiu melanjut studinya ke Magister (S2) sehingga gelarnya menjadi S.Pd., M.Pd.. Tidak berhenti sampai disitu dari Honornya sebagai Penulis Buku Pelajaran Sejarah tersebut beliau terus menimba ilmu di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sampai akhirnya tanggal 15 Maret 2013 beliau meraih Gelar DOKTOR dan mencatat sejarah satu-satunya Kepala Sekolah di Kabupaten Bekasi yang bergelar DOKTOR.
Ucapan Selamat dari Siswa/Siswi
SMAN 1 Tambun Utara
Prestasi akademik beliaupun menjadi inspirasi pengembangan karier guru, pegawai serta siswa/siswinya di SMAN 1 Tambun Utara yang dimana selama ini dikenal sebagai sekolah pinggiran di Kabupaten Bekasi. Selama hamper 2 (dua) periode atau lebih kurang 4 (empat) tahun beliau memimpin SMAN 1 Tambun Utara Kabupaten Bekasi perubahan sangat drastic tercipta baik system Belajar, Pengelolaan Keuangan maupun Pembangunan Fisik berkembang pesat dan merubah tampilan dan kesan SMAN 1 Tambun Utara menjadi sekolah Favorite yang berada di pinggiran Kabupaten Bekasi dengan mencatat kebanyakan siswa yang mendaftarkan diri adalah siswa/siswi lulusan SMP/MTs favorite wilayah Kota Bekasi. Sekolah yang tadinya terkesan kumuh karena masih adanya rawa-rawa disana sini saat ini menjadi tempat yang nyaman untuk Guru, Pegawai dan Siswa/Siswi sebagai tempat belajar.
Foto Kenangan H. Matroji Bersama Keluarga
Saat Mengawali Kariernya Sebagai Guru

Salah satu yang paling membantu dalam mendukung kemajuan secara fisik adalah system pengelolaan keuangan sekolah yang beliau terapkan, sangat nyata terlihat hasilnya betapa anggaran yang tersedia dapat diserap secara tepat dan dengan hasil nyata yang dirasakan oleh seluruh warga sekolah, baik sarana gedung maupun sarana penunjang belajar mengajar yang semakin lengkap membuat siswa/siswi bisa meraih prestasi gemilang. Lulusan SMAN 1 Tambun Utara Kabupaten Bekasi yang sebelumnya hanya puluhan orang yang mau melanjutkan study ke Perguruan Tinggi kini meningkat drastic menjadi ratusan siswa/siswi mendaftarkan diri untuk melanjutkan studynya ke Perguruan Tinggi, begitupun bawahannya semakin banyak yang mendaftarkan diri dan melanjutkan study ke jenjang Magister (S2) karena terinspirasi oleh sosok putera Asli Bekasi tersebut.
Demikian Tulisan ini saya sajikan, semoga juga menjadi inspirasi bagi seluruh warga Negara Indonesia terutama penulis untuk meningkatkan prestasi sehingga terbentuk pribadi yang berkualitas dan mampu menjadi inspirasi bagi yang lain.

Tidak ada komentar: